Harga Paket Umroh Plus Turki 2020

Harga Paket Umroh Plus Turki 2020 Minat masyarakat untuk melaksanakan ibadah umrah semakin melejit. Sejumlah biro perjalanan kini tumbuh bak cendawan. Banyak di antaranya ternyata perusahaan 'bodong'. Mereka menipu sejumlah pelanggan yang hendak bertamu ke rumah Tuhan itu. Majalah Tempo edisi pekan ini (24-30 Maret 2014) menurunkan laporan tentang sejumlah modus penipuan yang dilakukan biro umrah. Tempo mewawancarai Ketua Umum Himpunan Pengusaha Umrah dan Haji Indonesia Baluk Ahmad untuk berbagi tips agar tak tertipu bisnis  abal-abal. Mari teliti sebelum tertipu.

Cara krusial yang perlu dilakukan calon anggota jemaah adalah memeriksa ulang detail paket yang ditawarkan, yakni soal kewajaran biaya. Harga wajar berumroh adalah US$ 1.850, jika harga yang ditawarkan di bawah itu, harus diwaspadai, mungkin itu penipuan. Calon jemaah juga diminta aktif untuk merinci biaya perjalanan selama berumroh. Dari wawancara Tempo, didapat rincian yang wajar sebagai berikut. Tiket pesawat pulang-pergi senilai Rp 11-17 juta untuk kelas ekonomi. penginapan di Mekah dan Madinah pun hanya berkisar Rp 600 ribu-1,5 juta per kamar per malam. Dengan catatan tiap kamar bisa dihuni 34 orang.

Paket Umroh Plus Turki
Biaya pengurusan visa ditaksir hanya bernilai sekitar Rp 750 ribu-1,1 juta. Biaya fiskal sekitar Rp 750 ribu, dan biaya administrasi biro perjalanan yang wajar hanya Rp 500 ribu-1 juta.Ada beberapa biaya lain yang tak bisa ditaksir dari awal, antara lain biaya makan, transportasi lokal, penjemputan khusus, dan pemandu. Untuk hal-hal ini, biaya bervariasi tergantung paket yang ditawarkan biro perjalanan.Calon jemaah bisa meminta biro untuk menyediakan rincian hak dan kewajiban jemaah. Bila biro tak mau mencantumkan, waspadai kemungkinan terjadinya penelantaran jemaah selama di tempat tujuan.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Anggito Abimanyu menyatakan siap mengambil langkah tegas terhadap penipuan biro haji kecil ini. "Secara umum modusnya ada dua, kriminal murni dan penelantaraan jemaah," ujarnya kepada Majalah Tempo edisi pekan ini. Untuk dua kasus tersebut, Anggito berjanji akan menindak tegas. Ia menyatakan sudah menandatangani nota kerja sama dengan Mabes Polri untuk menyelidiki kasus-kasus penipuan tersebut.

Taktik paket umroh plus turki Bodong

Sejumlah biro perjalanan haji dan umroh plus turki abal-abal melakukan sejumlah trik untuk meraup untung. Mereka bahkan tega menelantarkan hingga membawa kabur uang jemaah. Namun ada juga perusahaan yang meraup laba dengan cara yang halal. Dari seorang jemaah yang mereka berangkatkan, perusahaan bisa mengutip duit hingga Rp 3,4 juta per orang. Kendati fulus untungnya seolah kecil, namun bila dikalikan dengan jumlah orang per rombongan, angkanya bisa melesat fantastis.Seperti dilansir Majalah Tempo dalam tulisan Fulus Pengantar ke Rumah Tuhan, anggota staf di perusahaan penyelenggara umrah menyatakan bisa punya keuntungan Rp 2,3 juta per jemaah. Angka tersebut didapat dari potongan umroh dan hotel.

Untuk mendapatkan untung besar , perusahaan memilih maskapai dengan rute penerbangan tak langsung menuju Jeddah, Arab Saudi. "Misalnya dengan memakai Business Air yang harus ke Bangkok dulu atau Air India," ujarnya. Margin keuntungan didapat per orang bisa mencapai US$ 50 atau sekitar Rp 550 ribu. Dari hitung-hitungan semacam itu, dengan estimasi satu kelompok terbang 40-50 jemaah, sebuah perusahaan bisa mendapat untung Rp 115 juta. Dalam sebulan, perusahaan penyelenggara umrah kelas kecil bisa memberangkatkan dua-tiga kelompok terbang. "Jadi sebulan keuntungannya Rp 300 juta," ujarnya.

Paket Umroh Plus Turki
 Tergiur untung dari pasar besar ini, banyak perusahaan biro umrah abal-abal menipu calon jemaahnya. Modusnya biasanya menjanjikan tiket bintang lima, tapi yang didapat di lokasi hanyalah tiket bintang tiga.Yang lebih parah, banyak perusahaan menjanjikan jemaah untuk pergi berumrah dalam rentang waktu yang lama. Mereka diminta untuk membayar uang muka, biasanya sebesar Rp 3,5 juta. Bila uang satu rombongan telah terkumpul lengkap, pelaku kabur. Perusahaan pun tak bisa lagi terlacak.

"Itu bentuk kriminal murni, kami laporkan ke polisi kalau ada kasus penipuan," ujar Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Anggito Abimanyu pada Majalah Tempo, edisi pekan ini, 24-30 Maret 2014. Ia menyatakan siap mengawasi travel umrah resmi agar tidak melakukan hal-hal seperti itu. "Kami akan evaluasi, jaminan bank (untuk travel resmi) sebesar Rp 150 juta akan ditingkatkan atau tidak, lalu akan ada standardisasi pembimbing dan tenaga kesehatan," ujarnya.
Harga Paket Umroh Plus Turki 2020 4.5 5 Sulistio Imam Minggu, 17 November 2019 Harga Paket Umroh Plus Turki 2020 Minat masyarakat untuk melaksanakan ibadah umrah semakin melejit. Sejumlah biro perjalanan kini tumbuh b...


On : Minggu, 17 November 2019,

If you enjoyed this article, sign up for free updates.

author picture

About Author

I'am Sulistio Imam, a part-time blogger and template designer from Indonesia who is the founder And Author of Blog Gazebo. I love create Blogger Themes, write about blog design, And Blogspot tweaks. You can subscribe me on G+ @ Sulistio Imam .

Tidak ada komentar

Posting Komentar