fungsi alat pemadam api

fungsi alat pemadam api jenis air biasa dikenal dengan istilah Air Pressured Water Extinguishers (APW) adalah alat pemadam kebakaran yang diisi dengan 2/3 air biasa kemudian di press dengan udara biasa juga. Pada konsepnya, alat pemadam api jenis air hanyalah sebuah pistol air raksasa. Alat pemadam api jenis air memiliki tinggi tabung sekitar 2 kaki (60 cm) dan berat kurang lebih 25 pounds (11 kg). dirancang khusus untuk mengatasi kebakaran kelas A yaitu kebakaran pada material-material solid / padat seperti kayu, kertas, kain, tekstil, dll.

Alat pemadam

Poin-poin yang harus diketahui dengan pasti:

1. Jangan pernah aplikasikan Alat pemadam api jenis air pada kebakaran yang berhubungan dengan arus listrik, seperti kebakaran pada ruang server, ruang instalasi kabel, ruang PABX, laboratorium computer, dll, karena air adalah konduktor yang bagus. Dan akan menyebabkan konslet dan kerusakan pada komponen. Pastikan untuk matikan listrik pada area yang terbakar atau mencabut semua colokan sebelum menyemburkan pemadam api jenis air pada area.

2. Jangan pernah aplikasikan Alat pemadam juga pada situasi kebakaran yang disebabkan oleh cairan mudah terbakar seperti minyak makan, bensin, oli, minuman beralkohol tinggi, dll. Penggunaan air pada cairan tersebut malah akan menambah penyebaran api semakin cepat.

Jenis-jenis alat pemadam api


1. Alat pemadam kebakaran bertekanan di dalam dan dioperasikan oleh cartridge (Stored Pressure Extinguisher); merupakan tipe pemadam api yang paling umum digunakan dan dilihat pada tempat-tempat umum seperti di perkantoran, perrumahan, rumah sakit kecil / klinik. Dimana gas penyembur disimpan pada tabung itu sendiri. Bahan yang umum terisi adalah nitrogen, air, atau busa. Umumnya tipe alat pemadam api ini tidak efektif digunakan untuk kebakaran yang sudah besar.

Alat pemadam


2. Alat pemadam kebakaran yg dioperasikan oleh cartridge yang terpisah (Side Cartridge Operated); tipe pemadam api yang digunakan khusus untuk tempat-tempat berskala besar seperti industri / pabrik. Pada tipe ini, gas penyembur berisi dalam cartridge yang terpisah yang harus ditekan lebih dulu sebelum mengalir keluar, mendorong bahan pemadam. Umumnya jenis api ini cenderung lebih efektif dalam mengendalikan api.

Keunggulan alat pemadam api


3 keunggulan utama Alat pemadam api :

1. Memiliki Sertifikasi Kualitas Produk yang Telah Teruji
api Gunnebo telah memenuhi berbagai standard pengujian alat pemadam api, baik secara nasional maupun internasional. Hal ini untuk memastikan bahwa pemadam yang kami jual merupakan pemadam yang telah teruji kualitasnya.

Kualitas api yang digunakan merupakan hal yang penting karena alat ini digunakan untuk keadaan yang bersifat emergency, sehingga kualitas yang dimiliki haruslah kualitas nomor 1 untuk mencegah terjadinya hal-hal yang lebih buruk ketika terjadi kebakaran.

2. Varian Alat Pemadam Api yang Lengkap

Api yang dihasilkan dari kebakaran memiliki tingkat atau level yang berbeda-beda tergantung dari jenis benda yang terbakar atau lokasi tempat terjadinya kebakaran dan itu berarti dibutuhkan jenis APAR (api ringan) yang berbeda untuk jenis-jenis api yang berbeda.

 Menyadari hal tersebut, Gunnebo menyediakan api yang bervariasi yang bisa digunakan untuk berbagai kelas api.

Variasi produk pemadam Gunnebo bisa digunakan untuk api
  • Kelas A (meliputi benda-benda padat, kayu, kertas dan lainnya)
  • Kelas B (meliputi api yang berasal dari cairan seperti: bensin, solar dll)
  • Kelas C (api akibat korsleting listrik dan alat elektronik)
  • Dan kelas D (api yang dihasilkan dari bahan-bahan metal atau logam).
    untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi halaman tentang  jenis-jenis kelas api.

Zat yang digunakan pun bermacam-macam, mulai dari :
  1. Pemadam berbahan busa yang dapat memadamkan api yang menyala di permukaan oli.
  2. CO2 Fire Extinguisher yang bekerja dengan menggantikan oksigen dibenda yang sedang terbakar.
  3. Dry chemical powder Fire Extinguisher yang cocok untuk memadamkan segala tingkatan api (kelas A, B, C, E).
  4. atau DuPont FE-36: AApi Ringan yang Ramah Lingkungan.
  5. Dan tentunya masih banyak lagi  varian fire extinguisher Gunnebo lainnya.
3. Dukungan After-Sales Service dengan Skala Nasional

Layanan purna jual merupakan hal yang sangat penting ketika Anda hendak membeli perangkat , karena dibutuhkan keahlian dan pengalaman dalam pemasangan dan basic training pemakaian.

Kami telah memiliki dealer-dealer dengan layanan purna jual yang telah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk pemasangan di daerah. PT. didukung oleh staff yang telah berpengalaman baik dalam memberikan konsultasi maupun instalasi.
fungsi alat pemadam api 4.5 5 Sulistio Imam Selasa, 20 November 2018 fungsi alat pemadam api jenis air biasa dikenal dengan istilah Air Pressured Water Extinguishers (APW) adalah alat pemadam kebakaran yang ...


On : Selasa, 20 November 2018,

If you enjoyed this article, sign up for free updates.

author picture

About Author

I'am Sulistio Imam, a part-time blogger and template designer from Indonesia who is the founder And Author of Blog Gazebo. I love create Blogger Themes, write about blog design, And Blogspot tweaks. You can subscribe me on G+ @ Sulistio Imam .

Tidak ada komentar

Posting Komentar